cipanasfarm

Tips Peternakan Mencegah Ayam Kerdil

cipanasfarmAyam yang diinginkan tentunya yang mempunyai berat badan ideal. Seringkali ditemukan ayam yang terkena penyakit kerdil. Hal tersebut merupakan gangguan pertumbuhan yang sering dialami. Apabila hal ini tidak segera diatasi tentunya secara ekonomis akan merugikan peternaknya. Karena ayam hasil panen mempunyai bentuk fisik yang tidak sempurna, sehingga mempunyai harga yang murah. Ayam yang sering terkena penyakit ini adalah ayam broiler. Biasanya stress pada ayam, kedinginan dan angin dapat mempengaruhi nafsu makan. Nafsu makan ayam dapat turun apabila ayam mengalami stress. Jika nafsu makannya turun akan menyebabkan ayam tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya sehingga ayam kerdil. Berikut merupakan tips peternakan untuk mencegah ayam kerdil.

Tips Peternakan Untuk Ayam Pedaging

Sebenarnya penyebab ayam kerdil ada banyak, antara lain karena cacat genetik, karena manajemen pemeliharaan yang kurang tepat, karena pengaruh lingkungan, infeksi penyakit, pengaruh pakan dan nutrisi dan lain-lain. Anak ayam yang terjangkit penyakit ayam kerdil dapat dilihat dari hasil berat badannya. Biasanya anak ayam yang terkena penyakit kerdil mempunyai berat badan 20 sampai 40 gram lebih ringan dari pada berat badan ayam standar. Pada usia 26 hari, ayam biasanya akan mempunyai berat badan 900 sampai 950 gram, tetapi jika ayam terkena kerdil hanya memiliki bobot badan 160 sampai 200 gram saja. Tips peternakan untuk mencegah ayam dari penyakit kerdil yaitu manajemen yang baik harus diterapkan.

Manajemen pada ayam harus dilaksanakan secara disiplin, misalnya dalam vaksinasi dan pemberian pakan. Manajemen yang baik dapat mengurangi penyakit kerdil pada ayam. Jika Anda menemukan ayam yang terkena penyakit ini, sebaiknya Anda segera memisahkan dengan ayam lainnya. Anda harus memberikan perlakuan khusus pada ayam, misalnya diberi vitamin dan diberikan pakan sendiri secara terpisah. Anda juga harus memperhatikan sanitasi, agar penyebaran penyakit dapat dicegah. Peternak juga harus menerapkan sistem all in all out. Maksudnya ayam yang masuk secara bersama-sama juga harus keluar secara bersama-sama. Hal tersebut juga sangat memudahkan dalam pemanenan. Demikian mengenai cara mencegah ayam kerdil, untuk informasi menarik lainnya Anda dapat mengunjungi www.cipanasfarm.com.

Related posts: