akreditasi jurusan

Saat Akreditasi Jurusan, Inilah yang Dinilai

akreditasi jurusanApa yang membuat nasib orang itu bisa berubah? Kebanyakan orang-orang menjawabnya dengan jawaban pendidikan. Ya memang selama ini orang-orang masih banyak yang menganggap dengan berpendidikan tinggi nasib dari seseorang itu bisa berubah. Pendidikan tidak hanya sampai pada tingkat SMA saja melainkan juga sampai setingkat S1. S1 ini sangat memperhatikan akreditasi jurusan yang terdapat dalam setiap kampus yang menyediakan program studi atau jurusan S1 nya. Akreditasi itu apa sih? Mungkin bagi orang yang berkecimpung di dunia pendidikan sudah mengerti dan dapat menjelaskan apa itu akreditasi tetapi bagi yang tidak pernah berkecimpung dalam dunia pendidikan apakah mengerti? Apakah bisa? Maka dari pertama kita akan membahas mengenai pengertian dari akreditasi itu sendiri.

Menentukan Akreditasi Jurusan, Apa Saja yang Dinilai?

Ya terdengar keren ketika kita mendengar sebuah istilah akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan patokan yang ditetapkan oleh BAN-PT untuk menentukan apakah dari suatu jurusan atau universitas tertentu itu masuk dalam kategori jurusan atau universitas bermutu ataukah tidak. Nah jadi akreditasi jurusan dapat dikatakan sebagai sebuah patokan dari jurusan tertentu untuk menilai jurusan tersebut itu bermutu ataukah tidak bila dibanding dengan jurusan lain yang terdapat dalam suatu universitas. Apakah ini dilakukan dengan begitu saja dan tinggal menilai begitu saja? Oh tidak. BAN-PT tidak gegabah untuk menentukan akreditasi dari sebuah jurusan ataupun universitas tertentu. Ada beberapa pertimbangan yang dipakai BAN-PT untukĀ  memberikan akreditasi pada suatu jurusan atau universitas.

Beberapa hal yang dinilai BAN-PT ketika akan memberikan suatu akreditasi dari jurusan atau universitas adalah yang pertama ada kurikulum dari setiap program pendidikan atau kurikulum yang berlaku untuk jurusan tersebut, kedua jumlah tenaga pendidik, apakah berkompeten dan relevan dengan jaman sekarang ataukah tidak serta apakah tenaga pendidiknya mempunyai SDM yang sangat berkualitas ataukah tidak. ketiga keadaan mahasiswa. Pernah dengar berita bahwa beberapa kampus swasta di Jawa Timur terpaksa di tutup pemerintah karena kurangnya mahasiswa yang ada di kampus tersebut. Ya untuk menentukan sebuah akreditasi dari jurusan ataupun universitas faktor mahasiswa ini juga turut mempengaruhi. Keempat kesiapan administrasi dan kepegawaian. administrasi dan kepegawaiannya ini apakah siap untuk melayani kegiatan belajar mahasiswa ataukah tidak juga turut dalam penilaian Nah kira-kira begitulah yang dinilai ketika akan menentukan akreditasi jurusan.

Related posts: