penyebab katarak

Penyebab Katarak Yang Ada di Dunia

penyebab katarakPenderita kebutaan yang disebabkan oleh katarak mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sekarang saja diperkirakan jumlah penderita katarak di dunia sudah mencapai tujuh belas juta orang. Angka ini diperkirakan akan naik menjadi empat puluh juta orang pada tahun 2020. Sementara itu prevalensi katarak di Indonesia mencapai 4,99%. Umumnya penyakit katarak disebabkan oleh perubahan-perubahan degeneratif yang diakibatkan oleh pertambahan usia. Biasanya orang terkena penyakit ini berumur lebih dari 40 tahun. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anak muda dan juga bayi yang baru lahir dapat terkena penyakit ini. Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab katarak.

Upaya Pencegahan Penyebab Katarak

Katarak merupakan kelainan mata yang disebabkan oleh perubahan lensa yang tadinya tembus cahaya dan jernih menjadi keruh. Penyebab katarak dapat dari berbagai macam faktor. Orang yang terkena penyakit ini akan mempunyai penglihatan yang kabur. Penyakit ini terjadi secara perlahan, jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit ini dapat terjadi di kedua mata meskipun penyakit ini tidak menular, oleh karena itu jika Anda mendapati gejala-gejala penyakit katarak, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Gejala-gejala sensitivitas kontras pada penderita berkurang, mempunyai penglihatan yang buram, ketajaman penglihatan juga berkurang sehingga warna bayangan, kontur dan visi kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak.

Katarak dapat dicegah sejak dini, yaitu salah satunya dengan menghindari paparan asap rokok. Asap rokok mengandung nikotin yang merupakan zat berbahaya. Zat tersebut merupakan salah satu zat yang dapat merusak kebersihan mata. Kemudian untuk menghindari penyakit ini Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, antioksidan, beta karoten, vitamin C dan vitamin E agar tubuh sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Karena apabila terkena penyakit misalnya diabetes, mempunyai risiko lebih besar untuk terkena katarak. Kemudian hal yang paling penting selanjutnya adalah lindungi mata dari paparan sinar UV. Sinar UV dapat mempercepat pembentukan katarak. Anda dapat menggunakan kacamata atau topi yang lebar untuk menutupi area sekitar mata. Demikian hal-hal yang dapat mengatasi penyebab katarak sejak dini, semoga bermanfaat.

Related posts: