kanker serviks

Pemeriksaan Kanker Serviks

kanker serviksKanker serviks merupakan salah satu dari sekian jenis kanker yang membahayakan kaum wanita. Ada banyak penyebab yang menjadi sebab terserangnya kanker yang juga disebut kanker leher rahim ini. Selain mengetahui penyebab dari kanker ini; yang sebaiknya Anda lakukan juga adalah dengan memeriksakan diri Anda ke dokter. Hal ini akan menjadi metode yang akurat untuk mencegah dan mengetahui kondisi diri sendiri lebih awal. Dengan begitu Anda bisa melakukan berbagai tindakan yang tepat untuk diri Anda sendiri. Berikut ini akan dijabarkan beberapa metode pemeriksaan dari kanker leher rahim pada wanita.

Beberapa Metode Pemeriksaan Kanker Serviks

Hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui riwayat penyakit dan pemeriksaan fisik termasuk virus yang ada pada Anda. Kemudian Anda bisa melakukan pemeriksaan panggul. Anda akan diperiksa oleh perawat atau dokter yang memasukkan jari melalui vagina untuk merasakan dan mengetahui keadaan ovarium atau uterus Anda. Kemudian metode yang paling populer di Indonesia adalah pemeriksaan dengan pap smear. Tes ini menggunakan metode dengan mengumpulkan sel leher rahim untuk diperiksa lebih lanjut. Metode pemeriksaan kanker serviks selanjutnya HPV atau tes Human Papillomavirus. Tes ini dimaksudkan untuk memeriksa DNA atau RNA untuk mengetahui infeksi. Kemudian ada metode Kuretase Endoserviks. Metode ini sama dengan pap smear hanya saja diambil dengan kuret.

Kemudian metode pemeriksaan yang terakhir adalah biopsi. Prosedur ini adalah pemeriksaan dengan cara mengambil sebagian kecil leher rahim untuk dijadikan sampel untuk mengetahui keadaan dan memastikan apakah terdapat infeksi atau tidak. Itulah beberapa metode pemeriksaan yang dapat Anda lakukan terutama bagi Anda yang perokok maupun yang sering berganti pasangan seks. Pemeriksaan harus sering dilakukan karena stadium awal dari kanker serviks tidak dapat diprediksi atau terlihat. Itulah informasi yang dapat dibagikan kepada Anda. Sejauh ini sudah ada beberapa alternatif pengobatan yang dapat Anda lakukan jika ternyata Anda memiliki tanda adanya kanker leher rahim. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Related posts: