peluang usaha

Cara Sukses Budidaya Lele

peluang usahaBudidaya Lele merupakan sebuah bisnis perikanan yang ramai ditekuni para usahawan. Banyaknya pebisnis lele membuat persaingan semakin sengit. Untuk itu, diperlukan tips khusus agar budidaya lele yang Anda geluti bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Beternak lele akan lebih produktif dengan mengoptimalkan pertumbuhan lele. Pertumbuhan lele yang optimal dapat menghemat waktu dan biaya. Dengan waktu pertumbuhan yang semakin cepat, Anda bisa semakin sering memanen lele. Untuk mendapatkan pertumbuhan lele yang optimal, simak ulasan berikut.

Lele merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, yang berfungsi menjaga kesehatan otak dan jantung. Ikan lele juga mengandung banyak protein. Dalam satu ekornya, terdapat kurang lebih 15,6 gr protein yang bermanfaat bagi otot. Ikan lele juga kaya vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga stamina. Setiap 100 gram lele mengandung fosfor sebanyak 167 mg yang berfungsi untuk membantu sintesis DNA dan menunjang kesehatan gigi dan gusi. Kalium dan natrium pada lele berguna untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler dan pembuluh darah. Dari segudang manfaat dan hasil olahan yang memanjakan lidah, lele menjadi ikan yang berpeluang besar untuk dibudidayakan.

Untuk budidaya lele dengan baik, kita harus memperhatikan tips-tips berikut. Pertama, pilihlah kolam dengan lahan terpal, kolam tanah, kolam semen, jaring apung, atau karamba yang cocok dengan dana dan lingkungan sekitar Anda.  Untuk kolam tanah, semen, dan terpal, lakukan pengapuran untuk meningkatkan nutrisi pakan. Pilihlah bibit yang ukurannya sama. Masukkan rata-rata 300 ekor setiap meter persegi. Berikan pellet tiga kali sehari dengan ukuran lima persen dari total berat ikan. Memberi makanan tambahan seperti sisa nasi, belatung, keong, dll. dapat mengurangi dana pengeluaran untuk membeli pellet. Perhatikan kualitas air. Air jangan dibuat terlalu bening, tapi juga jangan keruh karena kotoran sisa makanan. Sisa makanan yang menumpuk di dalam kolam menimbulkan gas ammonia dan hydrogen sulfide yang tidak baik bagi ikan. Air kolam yang sehat adalah berwarna hijau karena lumut. Ganti 30 persen air yang keruh dengan air baru secara berkala.

Related posts: