Cat rumah

Cara Menerapkan Cat Rumah pada Dinding

Cat rumahCat rumah selain merawat bagian rumah Anda juga berfungsi untuk membuat penampilannya tampak lebih indah. Cat ini bisa diterapkan di dinding, di bingkai pintu, di bingkai jendela, di daun pintu, daun jendela, langit-langit, atau di atap. Pada kesempatan kali ini, kita akan lebih dahulu membahas tentang cara mengaplikasikan cat pada dinding Rumah Anda. Sebelum melakukannya, tentunya Anda harus menentukan warna cat yang serasi dan cocok untuk desain rumah Anda. Pilihlah juga cat yang berkualitas tinggi agar warnanya tahan lama dan dapat menjaga dinding Anda secara optimal. Setelah Anda menentukan pilihan Anda, mulailah mengecat dinding rumah Anda dengan cara-cara berikut ini.

Cara untuk Mengaplikasikan Cat Rumah pada Dinding

Pertama, bersihkan dinding rumah Anda dari debu, minyak, dan kotoran menggunakan vacum cleaner agar hasil akhir pengecatan bisa halus dan merata. Apabila dinding rumah Anda sangat kotor, bersihkan terlebih dahulu menggunakan spons selulosa dengan formula detergen yang lembut. Gosokkan spons selulosa pada dinding yang kotor hingga bersih. Setelah itu bilas dinding rumah Anda menggunakan air bersih agar residu sabun hilang. Kemudian tempelkan lakban pada bagian dinding yang tidak dicat. Biasanya digunakan sebagai batas antara dinding dengan lantai. Tutupilah juga bingkai pintu dan jendela dengan lakban agar cat rumah untuk dinding yang Anda oleskan tidak mengenainya.

Apabila ada celah atau retakan pada dinding rumah Anda, tutuplah menggunakan plamir atau dempul tembok, kemudian ratakan dengan amplas hingga halus. Untuk mendapatkan hasil akhir pengecatan yang rata, gunakan sejenis cairan primer cat sebelum pengecatan dimulai. Untuk mengecat dinding yang luas, Anda akan lebih mudah menggunakan roller. Sedangkan pada bagian yang sempit, gunakan kuas kecil dengan ukuran 2 inci. Agar pengecatan bisa lebih rata, gunakan gerakan zig-zag atas bawah terus menerus hingga dinding terpoles rata. Lapisi kembali cat setelah 2-3 jam hasilnya tampak lebih rapi. Bila masih belum memuaskan, Anda bisa ulangi pengecatan kembali setelah 2-3 jam. Bersihkan menggunakan kain basah jika ada sisa-sisa cat yang jatuh ke lantai. Setelah penerapan cat rumah pada dinding Anda selesai, lepaslah lakban pada bagian yang tidak dicat sebelum cat dinding kering untuk menghindari cat ikut terkoyak.

Related posts: