jevin1995!

Cara Membuat Sablon Kaos Manual

sablon kaosSablon kaos di Indonesia menjadi sebuah bisnis yang berkembang cukup pesat. Hal ini dikarenakan tren anak muda yang ingin mengekspresikan diri mereka dengan desain kaos yang unik dan menarik. Di samping itu semakin banyak juga komunitas dan organisasi yang menginginkan kebersamaan dalam persatuan dan keseragaman dalam kostum. Tidak bisa dipungkiri, partai-partai politik juga menggunakan jasa ini untuk berkampanye. Karena itu, jasa sablon memiliki prospek yang baik. Untuk membuat kaos sablon dengan cara manual, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Bagaimana Cara Membuat Sablon Kaos Secara Manual?

Untuk membuat sablon kaos secara manual, ikuti langkah-langkah berikut. Pertama, siapkan dulu desainnya. Anda bisa membuatnya secara digital dengan CorelDRAW, Photoshop, atau yang lainnya. Setelah desain selesai, edit desain kaos menjadi film sablon atau klise film sablon yang siap dicetak. Pecah warna desain kaos Anda dengan separasi warna yang terdapat pada program desain Anda. Siapkan sabun colek, air, dan kain spon. Cuci screen sablon dengan air dan sabun colek. Kemudian lap dengan kain spon. Setelah itu, jemur di bawah sinar Matahari. Setelah kering, siapkan screen, obat afduk, kipas angin atau blower, dan alat perata screen. Campur obat afduk cairan warna merah dan putih, kemudian masukkan sedikit demi sedikit pada screen dan ratakan setipis mungkin. Setelah itu, keringkan screen di dalam ruangan menggunakan kipas angin atau blower.

Siapkan kaca, desain kaos yang telah diedit, screen, kain berwarna hitam, busa screen, dan papan. Letakkan busa di atas papan, kemudian letakkan kain hitam di atas busa. Setelah itu, letakkan screen di atas kain hitam. Olesi desain kaos dengan minyak garong, kemudian tempel di atas screen. Sinari dengan cahaya Matahari antara 3 sampai 5 detik. Siapkan screen yang telah difilm, minyak cat, cat, meja berkaca, pengunci screen, rakel/alat pengesut, dan kain. Kunci screen pada meja kaca. Campur cat dengan minyak cat. Letakkan kain yang akan disablon di atas meja kaca. Tuangkan cat pada screen, kemudian kesut dengan rakel. Basahi screen, kemudian masukkan obat pencuci screen, gosok dengan kain spon, bilas, dan jemur sampai kering. Dengan demikian, sablon kaos Anda telah jadi.

Related posts: