tips kesehatan

Bagaimana Dampak Penyakit Ginjal?

tips kesehatanPenyakit gagal ginjal dapat disebabkan karena tekanan darah tinggi dan juga diabetes type 2. Ginjal merupakan salah satu organ yang penting yang fungsinya menyaring limbah tubuh serta kelebihan cairan pada darah dalam peredaran tubuh. Pada seseorang yang mengalami gagal ginjal, untuk pengobatannya akan ada dua pilihan yaitu melakukan transplantasi ginjal atau dengan melakukan cuci darah seumur hidup. Pada kasus diabetes dapat menyebabkan gagal ginjal karena, saat gula dalam darah terlalu tinggi akan merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk juga pembuluh darah yang berfungsi menyaring darah dalam ginjal. Kemudian pada penyakit tekanan dara tinggi juga dapat memperburuk keadaan yaitu akan mempercepat perkembangan penyakit ginjal serta lebih banyak merusak pembuluh darah.

Pencegahan Penyakit Ginjal

Tentunya lebih baik untuk mencegah dari pada mengobati. Untuk mengurangi risiko gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya, Anda dapat merawat ginjal Anda sejak dini. Penyakit ginjal merupakan penyakit sekunder yaitu akibat dari penyakit primer. Penyebab utama atau primer penyakit ini dapat karena penyakit darah tinggi, diabetes dan jantung. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengontrol gula darah, kolesterol serta tekanan darah dengan cara mengikuti diet sehat. Selain itu melakukan olahraga secara teratur juga sangat penting untuk dilaksanakan. Kemudian sebisa mungkin, Anda untuk mengurangi konsumsi garam, karena garam dapat meningkatkan kadar natrium. Padahal tingginya natrium dapat meningkatkan batu ginjal serta tekanan darah.

Kemudian Anda juga sebaiknya minum air putih yang banyak setiap hari. Air merupakan bahan yang sangat penting untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Air juga dapat membantu ginjal membuang racun yang ada dalam tubuh. Air juga sangat bermanfaat dalam membantu mempertahankan konsentrasi darah dan juga volume darah. Kemudian air juga membantu pencernaan serta dapat mengontrol suhu tubuh. Kemudian hal yang paling penting selanjutnya adalah, ketika hendak buang air kecil sebaiknya jangan ditahan. Karena jika ditahan, kandung kemih akan membenting lebih dari yang seharusnya sehingga dapat mempengaruhi proses filtrasi ginjal.

Related posts: