alat pertanian

Alat-Alat Pertanian Sederhana Perontok Padi

alat pertanianSudah kita tahu sendiri bahwa perkembangan jaman membawa dampak yang baik bagi teknologi terutama teknologi yang semakin modern pada alat-alat pertanian. Namun bukan berarti dengan adanya alat-alat yang canggih lalu kita melupakan alat-alat tradisional dan tidak menggunakannya lagi. Alat-alat yang modern memang sangat menguntungkan bagi para petani, namun harganya rata-rata masih jauh dari harga murah. Sehingga masih banyak para petani yang menggunakan alat tradisional dalam bertani. Termasuk dalam memanen padi, ketika merontokkan gabah dengan tanamannya juga masih banyak yang menggunakan alat sederhana. Alat sederhana apa yang mereka gunakan?

Alat-Alat Pertanian Sederhana Sebagai Perontok Padi

Di sawah pedesaan, kita dapat melihat para petani merontokkan gabah dengan alat-alat sederhana. Alat yang mereka pakai memang masih manual. Namun jika dilihat dari harganya tentu sangat murah. Berbeda dengan alat modern, walaupun sangat cepat jika digunakan, namun para petani masih mengeluhkan harganya karena terlalu mahal. Maka tak salah jika mereka masih menggunakan alat-alat pertanian yang masih sederhana. Dalam merontokkan gabah, mereka biasanya menggunakan alat gepok yang berasal dari kayu. Mereka akan memetik padi dengan menggunakan ani-ani. Alat ini lebih mirip seperti pisau namun berukuran yang sangat besar. Padi akan dipotong menggunakan ani-ani. Pada jaman dulu petani menggunakan ani-ani karena hasil panennya tidak merata. Ada sebagian padi yang sudah menguning, namun ada juga yang belum menguning. Sehingga para petani memotong padi dengan bantuan ani-ani secara manual. Cara seperti ini masih terbawa hingga saat ini. Dan biasanya hal ini dapat kita jumpa pada daerah-daerah yang sangat jauh dari pusat kota.

Setelah dipotong dengan ani-ani, kemudian padi dipukul-pukul ke sebuah alat pemukul padi yang terbuat dari kayu atau bambu. Padi akan dipukul-pukulkan ke kayu tersebut agar gabah jatuh dan terpisah dengan padi. Penggunaan alat sederhana ini memang tergolong sangat manual. Selain itu, alat-alat pertanian sederhana ini akan sangat lama jika kita gunakan untuk memanen padi ketika sudah menguning.

Related posts: